Milis yaitu group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. siapapun yang bergabung dapat mengirim ke email group yang kemudian oleh sistem, email tersebut di kirimkan ke seluruh daftar email anggota.
Namun saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Dan apabila setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Jadi seluruh anggota yang terdaftar di milis akan menerima surat. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager
(MLM's) atau Mail Servers.
- Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing
list" yang digunakan banyak orang sebagai
penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos,
tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
- Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang
didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai
daftar diskusi.
Kelebihan-kelebihan milis :
1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis
tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail
akan disiarkan ke semua anggota daftar.
2.Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web
ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox
anggotanya.
Kelemahan-kelemahan milis :
1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan
terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail
yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full
inbox juga
dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa
jadi sangat penting.
2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan
berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan
semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas)
tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat
dibahas lebih terperinci.
3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus
menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui
pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa
yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot
karena hal tersebut.
Manfaat milis :
1. Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan
magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.
2. Dengan berkomunikasi memanfaatkan teknologi milis, seluruh anggota milis dapat menerima
email yang dikirim oleh salah satu anggota tanpa perlu mengirim satu persatu ke masing-masing
anggota (bayangkan bila anggota milis suatu alumni sekolah mencapai ratusan dan harus mengirim
satu per satu)
Cara menggunakan milis :
1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini
anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan
rapi.
2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita
kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebut
akurat.
3. Jika kita ingin mengirim email tinggal kirim yg ditujukan kepada
ksrpmiupt@yahoogroups.com,
otomatis semua anggota milis mendapatkan pesan apa yang kita kirimkan. sebagai contoh
Kepada :
ksrpmiupt@yahoogroups.com
Cc : [bebas]
Judul :
[bebas]
isi [bebas]
Ciri khas milis :
1. Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs
perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet
terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing.
Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi
email mereka atau tidak.
2. Sebuah mailing
list hanyalah merupakan daftar dari alamat orang yang tertarik pada subjek yang
sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama.
Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke
semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah
bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak
surat’.
3. Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan
email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari
milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi
di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar